Sejarah Masjid Rahmatan Lil Alamin



Sejarah Masjid Rahmatan Lil Alamin
Hasil gambar untuk Sejarah Masjid Rahmatan Lil Alamin
Assalamualikum wr wb , semua Kembali lagi bertemu dengan kami ,pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang sejarah singkat dan arsitektur Masjid Rahmatan Lil Alamin   yang berada di Indramayu  berikut sejarah singkat nya .
Masjid Rahmatan Lil Alamin menjadi salah satu masjid terbesar serta terindah yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan dari bentuk bangunan masjd ini memang lain daripada biasanya. Masjid yang berada di kawasan kompleks Ma’had Al-Zaytun, Gantar, Indramayu, Jawa Barat berdiri di atas area yang memiliki luas sampai 6,5 Ha. Lantai bangunan dari masjid ini memiliki ukuran 99 x 99 meter dimana terdapat 7 lantai (ditambah dengan lantai basement) dengan memiliki 5 buah kubah masjid dan satu menara.
Tinggi dari masjid rahmatan lil alamin sekitar 73,125 meter sampai ke puncak kubah, dimana pada bagian tengah bangunan masjid ada yang dinamakan void atau ruang yang dapat menembus dari lantai satu sampai puncak kubah utama. Ruangan ini berukuran 36×27 meter dengan posisi berhadapan langsung dengan mihrab masjid yang setinggi 15 meter. Di setiap sisi-sisi avoid inilah terdapat enam lantai masjid yang setiap lantai berjarak 7 meter. Pada masing-masing lantai ada ditambahkan dua lantai mezanin yang masing-masing memiliki ukuran tinggi 3,5 meter sehingga jika dihitung lantainya ditambahkan dengan lantai mezanin yang ada maka total lantai dari masjid rahmatan lil alamin adalah 12 lantai. Dengan struktur bangunan seperti ini sehingga tidak salah juga menyematkan masjid ini sebagai satu dari masjid termegah di Indonesia.
Masjid Rahmatil Alamin dibuat unik serta indah seperti ini bukan karena asal buat saja, tapi setiap sisi ada makna filosofisnya. Ukuran 99 x 99 meter yang telah dijelaskan di atas adalah melambangkan 99 dari asmaul husna, jumlah lantai utama sebanyak enam lantai merupakan cerminan dari jumlah rukun iman, sedangkan untuk kubah kecil yang berjumlah empat menjelaskan tentang jumlah mazhab besar dunia yang juga berjumlah empat dan untuk kubah kelima yang berukuran besar adalah melambangkan risalah Nabi Muhammad SAW yang menaungi empat mazhab yang ada. Untuk puncak sudut masjid juga terdapat delapan kubah hal ini merefleksikan delapan penjuru mata angin yang merupakan simbol penjuru dunia. Memang sudah seharusnya bangunan masjid dibuat melambangkan ajaran Islam dengan begitu saat orang mendatangi masjid maka juga akan dapat mempelajari Islam dari bangunan masjid yang ada.
    Itulah sejarah singkat tentang Masjid Rahmatil Alamin yang berada di Riau ,kami ingin menawaran jasa kami sebagai kontraktor kubah masjid yang professional kami sangat berpengalaman dalam membangun kubah masjid untuk itu bagi anada yang ingin membuat kubah masjid dan merenovasi  masjid bisa hubungi kami di no dibawah ini
HUBUNGI NO WA 0812-1572-277 (T_Sel)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Agung Magelang