Asal Muasal Kubah Masjid berdiri


Asal Muasal Kubah Masjid berdiri

        Selama ini banyak orang Islam maupun Non Islam yang beranggapan bahwa kubah  adalah warisan dari kebudayaan islam .Hal ini di karenakan banyak bangunan Masjid di dunia banyak yang menggunakan tambahan kubah di atas nya ,oleh karena itu timbul lah banyak anggapan bahwa kubah adalah warisan asli agama islam .
     Bangsa Mesopotamia adalah yang pertama kali memperkenalkan dan menggunakan kubah pada arsitektur bangunan mereka, diperkirakan sekitar tahun 6000 silam. Namun ada  juga yang menyatakan bahwa kubah mulai muncul pada masa Imperium Romawi. Zaman Rosulullah SAW, bentuk masjid masih sangat sederhana yaitu berbentuk segi empat, dengan atap dari pelepah kurma.
    Namun seiringnya waktu, Islam mulai berinovasi dan memasukkan unsur arsitektur kubah dalam hiasan masjid. Kubah lebih dulu populer di kalangan agama Kristen. Namun ukuran kubah pada zaman itu masih relatif kecil dan simpel. Seperti bangunan yang terdapat di Roma yaitu Santa Costanza di Roma.



    Pada masa kekuasaan selanjutnya, yaitu masa kekuasaan Bizantium, Kaisar Justinian membangun kubah dengan sangat megah. Bangunan itu dikenal dengan sebutan Hagi Shopia, yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid dan sekarang beralih fungsi lagi menjadi museum. Dengan adanya sejarah ini, telah membuktikan bahwa kubah bukan arsitektur asli agama Islam. Melainkan agama islam mengadopsi kubah untuk digunakan dalam arsitektur masjid.
    Melihat megah nya kubah kubah yang di bangun oleh bangsa Romawi dan Kristen ,lalu Umat Islam mulai membangun kubah pertamanya dan di letakkan di masjid Umar di Yerusalem ,dan itu adalah Kubah yang pertama kali di but oleh Umat islam dan di sebutlah kubah tersebut dengan julukan Kubah Batu(Dome of The Rock ).kubah ini di bngun pada tahun 685-688M pada masa Kekhalifan Abdul Malik.
    Bentuk Kubah berbeda beda tergantung adat di suatu tempat atau arsitektur nya dan di Indonesia bentuk kubah cenderung mengikuti arsiektur kubah di Timur Tengah yaitu Bulat Separuh Bola.
    Kubah bukan Peninggalan Arsitektur Rosulullah atau Islam Melainkan  arsitektur yang melekat erat pada Arsitektur Islam .

 Mau membangun Kubah Masjid yang bahan GRC atau enamel bisa mudahcaranya silahkan hubungi kami untuk konsultasi desain, harga dan cara memulai pekerjaan.
Kami sudah memiliki banyak pengalaman mengerjakan kubah masjid baik di perkotaan maupun di pedesaan, bahkan sampai ke pelosok pedalaman.
HUBUNGI NO WA 0812-1572-277 (T_Sel)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Agung Magelang